Pembelajaran PAI selama ini di SMP N 4 Lumajang masih berpusat pada
guru. Guru dalam proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode
ceramah. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung monoton sehingga minat
belajar siswa berkurang. Upaya untuk mengatasi hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMP N 4 Lumajang
pada kelas VII F. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan,
dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model
pembelajaran QuantumTeaching dapat meningkatkan minat belajar
PAI siswa kelas VII F SMPN 4 Lumajang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya
peningkatan tiap aspek. Aspek adanya perhatian dan antusiasme siswa dalam
mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 85,28%.
Aspek rasa senang siswa terhadapg guru dan materi persentasenya sebesar 85,69%.
Aspek keterlibatan siswa dalam pembelajaran sebesar 83,33%. Aspek kesadaran
akan adanya manfaat sebesar 81,25%.