JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Pembelajaran PAI selama ini di SMP N 4 Lumajang masih berpusat pada guru. Guru dalam proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung monoton sehingga minat belajar siswa berkurang. Upaya untuk mengatasi hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMP N 4 Lumajang pada kelas VII F. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas VII F SMPN 4 Lumajang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan tiap aspek. Aspek adanya perhatian dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 85,28%. Aspek rasa senang siswa terhadapg guru dan materi persentasenya sebesar 85,69%. Aspek keterlibatan siswa dalam pembelajaran sebesar 83,33%. Aspek kesadaran akan adanya manfaat sebesar 81,25%.

Keyword

quantum teaching,minat belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak